Soal Uji Kompetensi Kepala Sekolah PAUD

Soal Uji Kompetensi Kepala Sekolah PAUD - Uji Kompetensi Kepala Sekolah atau UKKS PAUD merupakan kegiatan yang dilaksanakan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP) untuk melihat kemampuan Kepala Sekolah dalam hal Manajemen Sekolah.

Uji kompetensi kepala sekolah berfokus pada dimensi kompetensi kepemimpinan pembelajaran, kewirausahaan, manajemen, supervisi dan usaha pengembangan sekolah dan dilakukan atas dasar sebagai Pemetaan Kompetensi kepala Sekolah. Dibawah ini kami sertakan beberapa Soal untuk kegiatan UKKS yang diambil dari 8 Manajerial Kepala Sekolah.


Berikut Contoh Soal UKKS PAUD

Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (X) huruf A, B, C, atau D pada lembar jawaban!

1. Kepala sekolah sebagai pimpinan di satuan pendidikan dituntut untuk memiliki kompetensi kepribadian, kecuali?
  1. tanggung jawab dan komitmen terhadap tugas.
  2. mampu beradaptasi dengan perkantoran.
  3. berkeinginan antuk terus mengasah keterampilan diri.
  4. inovatif, kreatif mengembangkan sekolah.
2. Di awal tahun pelajaran kepala sekolah menetapkan program peningkatan kesejahteraan guru, semua pendidik dan tenaga kependidikan merasa senang karena tuntutannya terpenuhi, di tengah perjalanan pemasukan keuangan tersendat karena dampak kenaikan barang, menyikapi hal tersebut kepala sekolah:
  1. Menghentikan kenaikan uang transport, karena PNS telah mendapat gaji.
  2.  tetap uang transport diberikan, sekalipun devisit keuangan sekolah dan melakukan perubahan APBS.
  3. pembayaran uang transport pembayarannya ditunda.
  4. pinjam uang koperasi sekolah untuk mengatasi lambatnya pemasukan.
28. Penempatan Kepala Sekolah di sekolah baru, keadaan tenaga pendidik dan kependidikan terbatas, sarana prasarana terbatas untuk menjalankan tugas kepala sekolah!
  1. mengingat semua guru dan TU tenaga baru belum pengalaman maka, semua tugas mengerjakan sendiri agar cepat selesai.
  2. semua dikerjakan dengan lambat yang penting selesai dan selamat.
  3. saya memahami keadaan, semua guru dan TU diikut-sertakan workshop agar SDM mengikat.
  4. menyusun struktur organisasi, menyusun uraian tugas (tupoksi) semua dikerjakan bersama-sama untuk menyelesaikan pekerjaan.
29. Kepala Sekolah ditekan oleh wartawan dan LSM atasi block grant peningkatan mutu, sehingga kepala sekolah tidak krasan di sekolah, hasil audit kepala sekolah tidak bersalah?
  1. Mempertahankan tetap mengemban amanat, apa pun yang terjadi.
  2. Mengajukan mutasi agar terdapat suasana kerja baru.
  3. Menantang siapa pun orangnya yang menekan.
  4. Memohon pembinaan untuk memperbaiki sesuai dengan aturan yang berlaku.
30. Sebagai pimpinan dalam stratifikasi sosial sekolah, Kepala Sekolah adalah tingkatan tertinggi, ada sekelompok guru tidak pernah mempedulikan kepala sekolah dan tidak pernah menegur Kepala
Sekolah jika saling jumpa, sikap kepala sekolah?
  1. biar saja, asal tidak mengganggu.
  2. guru tersebut diberi surat panggilan, karena kepala sekolah penguasa tunggal di sekolah.
  3. Kepala Sekolah setiap pagi menyambut kehadirannya dngan menyapa dan menyampaikan salam.
  4. mengabsen guru-guru untuk memeriksa kedisiplinannya, agar ikut memikirkan sekolah.
31. Perubahan-perubahan selalu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah baik perubahan kurikulum, administrasi pendidikan, model dan strategi pembelajaran maupun pengelolaannya untuk melakukan perubahan...
  1. merasa tidak enak melakukan perubahan, khawatir pada guru-guru yang tidak mendukung.
  2. selalu menunggu petunjuk dan arahan Kepala Dinas agar tidak menyalahi prosedur.
  3. melakukan keseimbangan dalam mengembangkan pendidikan antara sekolah, dinas pendidikan dan pemerintah daerah/pusat.
  4. memerintahkan untuk melukukan perubahan demi perbaikan mutu pendidikan.
32. Pengambilan keputusan untuk menyelesaikan permasalahan sangat dipengaruhi keterampilan, skill, attitude, style kepemimpinan ....
  1. Dalam pengambilan keputusan kepala sekolah mutlak bertanggung jawab utama.
  2. Dengan senang hati mendengar pendapat, saran orang lain sebagai bahan pengambilan keputusan.
  3. Keputusan didasarkan pada aturan saja.
  4. Memiliki sikap tertutup sehingga masalah tidak makin keruh dan mudah penyelesaiannya.
33. Seorang guru menghujat kepala sekolah ketika ada rapat dinas, rnencemooh dan mengkritik habis-habisan tidak puas atas kepemimpinannya .....
  1. Perilaku guru tersebut sangat kelewat, sehingga menurunkan harga diri maka perlu ditantang. 
  2. Guru tidak memiliki tata krama maka diusulkan untuk dimutasi.
  3. Biar saja meledak-ledak dalam menyampaikan pendapat, guru tersebut difahamkan dan dijelaskan agar mengerti,
  4. Tidak perlu dijawab, agar suasana rapat terus terkendali.
34. Kepala Sekolah menerima telepon dan seseorang mencari guru, ketika dihubungi dan dicari, guru tersebut tidak masuk tanpa keterangan, kepala sekolah menjawab telepon....
  1. maaf, guru tersebut tidak ada.
  2. sepertinya guru tersebut tidak hadir.
  3. guru tersebut tidak hadir, ada yang dapat saya bantu.
  4. guru tersebut saya beri tugas, saya dengan senang hati untuk menerima titipan pesan.
35. Perkelahian antar pelajar terjadi di luar sekolah, pada saat jam belajar segerombolan siswa mencari siswa di sekolah yang saudara pimpin, sikap kepala sekolah adalah........
  1. Mempersilahkan masuk diselesaikan secara kekeluargaan.
  2. Menghubungi polisi agar segerombolan siswa ditangkap dan diadili.
  3. Mernbiarkan segerombolan siswa menerima, agar jadi pelajaran.
  4. Mernpersilahkan masuk, segerombolan didata, menghubungi kepala sekolah untuk melindungi siswanya sendiri.
36. Sekolah memperoleh kebebasan untuk bekerjasama dengan pihak lain dengan memperhatikan kriteria........
  1. Keuntungan dan kerugian dari kerjasama
  2. Kemampuan bekerjasama dengan berbagai pihak.
  3. Keluwesan bekerjasama dengan berbagai pihak.
  4. Santun dalam bekerjasama dengan berbagai pihak
37. Untuk meraih kejuaraan akademis atau ekstrakurikuler sekolah mempersiapkan dengan program yang jelas dan dilaksanakan sesuai dengan jadwal kegiatan kerjasama, dalam pelaksanaannya Kepala sekolah........
  1. Selaku pimpinan penentu kesuksesan
  2. sebagai top leader terdepan dalam kegiatan
  3. melibatkan siswa, pendidik dan tenaga kependidikan
  4. memberikan motivasi
38. Sekolah keberadaannya tidak lepas dengan masyarakat di sekitarnya baik secara budaya, sosial dan ekonomi, pemahaman terhadap lingkungan menjadi penting sebagai Kepala Sekolah ....
  1. terlibat kegiatan RT-RW bukan kepentingan sekolah.
  2. kegiatan karang taruna sebagai wadah pemuda desa
  3. partisipasi aktif dalam kegiatan sosial di sekitar sekolah hingga skala nasional
  4. aktif dalam kegiatan sosial di sekitar sekolah hingga skala nasional.
39. Jika di lingkungan sekolah terjadi bencana, dalam anggaran belanja sekolah tidak terprogram maka, kecuali ......
  1. Kepala Sekolah membuka amal bencana.
  2. Kepala Sekolah memiliki kepekaan sosial tetap memberi sumbangan.
  3. Kepala Sekolah membuat edaran
  4. Kepala Sekolah dengan uang pribadi menyumbang.
40. Terlibatnya siswa, pendidik dan tenaga kependidikan dalam ekstra kurikuler yang melibatkan banyak pihak luar sekolah tergolong dimensi kompetensi Kepala Sekolah…….
  1. Pribadi 
  2. Sosial 
  3. Manajerial 
  4. Akademis
41. Partisipasi aktif dalam kegiatan kecamatan, kabupaten/kota termasuk masuk dimensi kompetensi Kepala Sekolah .........
  1. Kepribadian 
  2. Manajerial 
  3. Sosial 
  4. Sektoral
42. Berakhlak mulia, mengembangkan budaya dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan akhlak mulia bagi komunitas di sekolah/madrasah tergolong dimensi kompetensi…....
  1. Kepribadian 
  2. Manajerial 
  3. Sosial 
  4. Moral
43. Menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah, memiliki motivasi dan kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin sekolah/madrasah tergolong dimensi kompetensi.......
  1. Kepribadian 
  2. Manajerial 
  3. Sosial 
  4. kewirausahaan
44. Membuka perbengkelan sekolah untuk umum dan untuk mengelola kegiatan produksi dan jasa sebagai sumber belajar peserta didik adalah merupakan dimensi kompetensi…....
  1. Kepribadian 
  2. Produktivitas 
  3. Manajerial 
  4. Kewirausahaan
45. Tantangan yang dihadapi kepala sekolah makin hari makin komplek, baik ancaman dari luar dan hambatan dari dalam sekolah, kepala sekolah yang kompeten...
  1. pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapinya.
  2. pantang mundur dan selalu memperhatikan segi keuntungan.
  3. maju terus dan selalu membuat inovasi
  4. yang penting suasana sekolah kondusif
46. Sesuai peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005, diamanatkan bahwa lingkup Standar Nasional Pendidikan meliputi 8 standar yang salah satu diantaranya ialah standar isi yang kita gunakan sebagai pijakan untuk menentukan ............
  1. lingkup materi ajar dan tingkat kompetensi
  2. jumlah siswa pada tiap rombongan belajar
  3. sarana prasarana yang harus tersedia di dalam kelas
  4. prosedur kegiatan pembelajaran
47. Sesuai dengan peraturan menteri no 16 tahun 2007, diamanatkan bahwa setiap guru harus memiliki minimal 4 standar kompetensi yakni kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Berikut ini yang termasuk kompetensi kepribadian ialah....
  1. Menghargai setiap peserta didik tanpa membedakan keyakinan yang dianut.
  2. berkomunikasi dengan orang tua peserta didik secara santun
  3. menguasai bidang yang diajarkan
  4. memahami beberapa teori belajar
48. Howard Gardner berpendapat bahwa manusia memiliki kecerdasan yang beraneka ragam yang dikenal dengan “multiple intelligence”. Berikut ini yang tidak termasuk jenis multiple intelligence ialah
  1. kecerdasan musical
  2. kecerdasan intrapersonal 
  3. kecerdasan linguistic
  4. kecerdasan emosional
49. Menurut Gardner, siswa yang tidak menonjol dalam kecerdasan matematik mungkin tidak akan bisa mencapai prestasi luar biasa dalam bidang tersebut, namun.........
  1. bila belajar ia akan sukses dalam bidang tersebut.
  2. ia perlu melanjutkan studi dalam bidang matematika
  3. ia harus belajar ilmu matematika saja agar sukses
  4. ia mungkin akan berhasil dalam bidang lain
50. Seorang siswa tampak senantiasa sabar dan pandai memahami permasalahan orang lain. Menurut Gardner, siswa tersebut memiliki kecerdasan ....... yang menonjol.
  1. interpersonal 
  2. intrapersonal 
  3. linguistic 
  4. spasial
51. Unesco Menetapkan 4 Hal Sebagai pilar Pendidikan, Yaitu: Learning to know, learning to do, learning to live together dan ...........
  1.  learning to be
  2. learning to unlearn 
  3.  learning to learn
  4. learning to understand others
52. Contoh penerapan “learning to live together” dalam pembelajaran ialah penggunaan pendekatan pembelajaran.......
  1. ketrampilan proses 
  2.  kooperatif
  3. inquiry 
  4. kentekstual
53. Sesuai dengan pilar “learning to know”, kita harus melaksanakan hal sebagai berikut.....
  1. menjelaskan pelajaran sejelas-jelasnya
  2. menugasi siswa untuk menghafal seluruh materi yang ada dalam buku
  3. membantu siswa agar mampu belajar secara mandiri
  4. membantu siswa agar memiliki nilai maksimal dalam ujian
54. Untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran sekolah akan menerapkan pembelajaran kontekstual untuk semua mata pelajaran. Konsekuensi logis dari kegiatan tersebut adalah ...
  1. Membuat surat edaran yang ditandatangani semua guru tentang kesediaan melakukan pembelajaran kontekstual,
  2. Menugasi wakil kepala sekolah bidang kurikulum untuk mengumpulkan Silabus dan RPP semua mata pelajaran dan diperiksa tentang kegiatan pembelajarannya,
  3. Sekolah mengadakan IHT tentang pembelajaran kontekstual dan ditindaklanjuti pembuatan perangkat pembelajaran, serta dievaluasi tingkat efektifitas dan efisiensinya,
  4. Meningkatkan kegiatan MGMP sekolah untuk semua mata pelajaran.
55. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007, tentang Standar Proses menentukan bahwa pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari RPP. Pelaksanaan pembelajaran pada kegiatan inti berisi proses interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik dan memuat proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Pada kenyataanya pada sekolah tersebut masih banyak guru yang belum melaksanakan. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah melakukan......
  1. Menghimbau kepada semua guru dalam setiap kesempatan untuk melakukan proses pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut,
  2. Melaksanakan workshop pembelajaran dan ditindaklanjuti di MGMPS serta dipantau dan diadakan pembinaan secara intensif,
  3. Selalu mengingatkan semua guru pada setiap rapat dewan guru untuk segera mengubah proses pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut,
  4. Menugasi wakil kepala bidang kurikulum selalu mengajak semua guru untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut.
56. Pada ulangan harian pertama kelas X-2 ada 4 siswa dari 40 siswa di kelas itu yang belum tuntas. Guru mata pelajaran tersebut tidak memperhatikan siswa yang belum tuntas tersebut, karena sudah mencapai ketuntasan kelas lebih dari 85%. Menyikapi masalah di atas Kepala Sekolah melakukan…..
  1. Mengingatkan kepada semua guru pada rapat dewan guru untuk melaksanakan konsep penilaian pada KTSP secara benar dan akuntabel,
  2. Membiarkan guru tersebut karena sudah sesuai dengan konsep penilaian pada KTSP,
  3. Menegur guru tersebut pada rapat dewan guru karena melakukan kesalahan penanganan dalam melakukan penilaian,
  4. Membiarkan guru tersebut karena kegiatan penilaian merupakan otoritas guru meskipun belum sesuai dengan konsep penilaian pada KTSP
57. Salah satu fungsi komite sekolah ialah sebagai controller. Salah satu kegiatan komite yang sesuai dengan fungsi ini ialah..........................
  1. mengontrol keterlaksanaan program sekolah 
  2. mengontrol kehadiran siswa 
  3. mengontrol kegiatan pembelajaran di kelas
  4. mengontrol kehadiran guru
58. Sekolah berkewajiban untuk mengembangkan life skills siswa. Maksudnya ialah agar siswa...........
  1. mampu hidup bahagia sesuai dengan potensi yang dimiliki
  2. memiliki ketrampilan vokasional
  3. memiliki keunggulan akademik
  4. mampu mengerjakan setiap butir soal dalam ujian
59. Kita dapat menemukan situs di web dengan cepat melalui search engine yang populer yaitu.......
  1. antivir 
  2. acrobat reader 
  3. yahoo/google 
  4. photoshop
60. Program Jardiknas bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan Melalui.....
  1. program wajib belajar 9 tahun
  2. pemanfaatan media cetak untuk seluruh institusi di tanah air
  3. akses informasi dan komunikasi online antar lembaga dan komunitas pendidikan
  4. maksimalisasi penggunaan sarana komputer di dalam kelas
61. Kita dapat mengirim file melalui e-mail dengan menggunakan fasilitas.....
  1. folder 
  2. mail list 
  3. yahoo massanger 
  4. attachment
62. Microsoft Power Point dapat membantu kita dalam melakukan.......
  1. penyimpanan data 
  2. pembukuan 
  3. presentasi 
  4. entry data
63. Berikut ini yang termasuk tujuan dari PTK ialah .......
  1. untuk menemukan teori yang baru 
  2. untuk melakukan eksperimen 
  3. untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
  4. untuk membuktikan kebenaran teori yang ada
64. Dalam PTK terdapat 4 tahapan, yaitu .......
  1. perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi
  2. perencanaan, observasi, tindakan dan refleksi
  3. perencanaan, refleksi, tindakan dan observasi
  4. perencanaan, refleksi, observasi dan tindakan
65. Judul yang benar dari PTK ialah.......
  1. Peningkatan Penguasaan Kosa kata Siswa melalui Pajangan Bahasa secara Alami pada Kelas 1 SMK Terpadu Malang.
  2. Pengaruh Pajangan Bahasa secara Alami Terhadap Peningkatan Penguasaan Kosa kata Siswa.
  3.  Korelasi antara Penguasaan Kosakata Siswa dan Kegiatan Pajangan Bahasa secara Alami di SMK 1 Malang.
  4. Penggunaan Strategi Pajangan Alami dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata
66. “Dapatkah pajangan bahasa secara alami meningkatkan penguasaan kosa kata siswa pada kelas 1 SMK Terpadu Malang?” Pernyataan di atas adalah cocok untuk digunakan dalam .......
  1. hepotesis tindakan 
  2. tujuan penelitian 
  3. rumusan masalah 
  4. judul penelitian
67. “Orang yang pintar ialah orang yang mampu menjelaskan apa saja yang ia ketahui. Orang yang bijaksana ialah orang yang mampu memberikan motivasi sehingga anda mampu menemukan sesuatu yang baru.” (Revan, 1980) Pelajaran yang dapat diambil dari kata-kata bijak di atas ialah bahwa......
  1. guru harus senantiasa menjelaskan materi pelajaran sejelas mungkin
  2. guru sebaiknya harus membuat suasana kelas tenang
  3. guru harus memberikan pelayanan prima dengan menuntun siswa untuk mampu menjawab soal-soal ujian
  4. guru harus menciptakan suasana yang kondusif agar siswa mampu belajar mandiri
68. “Ing ngarso sung tulodo,Ing madyo mangun karso,Tut wuri handayani” (Ki hajar Dewantoro.) Sikap yang TIDAK sesaui dengan kata-kata bijak di atas ialah...........
  1. kita harus bisa menjadi contoh yang baik
  2. apapun yang kita lakukan harus membuat guru/staff/siswa termotivasi
  3. berdayakan guru/staf/siswa dengan mengikuti dan mengarahkan kemauan mereka
  4. arahkan guru/staf/siswa sesuai dengan apa saja yang kita anggap benar
69. Berikut ini yang TIDAK termasuk fungsi kepala sekolah ialah.......
  1. Manajer 
  2. Edukator 
  3. Motivator 
  4. Eksekutor
70. Michael Fullan (2003) menyatakan bahwa seorang kepala sekolah harus memiliki keberanian dan kemampuan untuk membangun kultur berdasarkan hubungan saling percaya antara warga sekolah. Tindakan yang TIDAK sesuai dengan pendapat ini ialah.......
  1. Membagi tugas berdasarkan kompetensi staff
  2. Membuat keputusan berdasarkan kondisi nyata dan aturan yang berlaku
  3. Melaksanakan sendiri semua kegiatan agar kinerja berjalan secara efektif dan efisien
  4. Mencari terobosan yang dapat dilakukan agar kebutuhan peserta didik dapat terpenuhi
71. Sergiovanni (2006) menyatakan bahwa seorang pemimpin harus bisa membedakan antara normative rationality dan technical rationality, yakni: dalam membuat keputusan kita harus berdasarkan norma yang berlaku sekaligus memperhatikan efektifitas dan efesiensi. Bila terjadi permasalahan tentang kedua hal tersebut maka kita harus .........
  1. Mengutamakan yang kedua. 
  2. Mengutamakan yang pertama 
  3. Meninggalkan kedua-duanya
  4. Mementingkan yang efektif untuk dilakukan
72. Dalam manajemen peningkatan mutu sekolah kita kenal dengan istilah benchmarking. Istilah tersebut terkait dengan ......
  1. Kegiatan pengambilan keputusan berdasarkan norma
  2. Penetapan standard tertentu baik perorangan maupun lembaga sebagai dasar peningkatan mutu.
  3. Pemberian identitas suatu benda yang diperlukan untuk peningkatan mutu
  4. Upaya peningkatan mutu dengan mengevaluasi manajemen lembaga secara keseluruhan
73. Dalam upayanya untuk meningkatkan mutu sekolah, kepala sekolah “X” mengajak seluruh komponen sekolah untuk bekerjasama dengan pihak-pihak terkait termasuk orang tua dan tenaga profesional untuk melakukan evaluasi kinerja sekolah. Kegiatan tersebut dikenal dengan istilah........
  1. Quality control 
  2. Total quality management 
  3. Quality assurance
  4. School review
74. Dalam melakukan suatu kegiatan sekolah-sekolah difasilitasi dengan prosedur operasional standar dengan tujuan agar..........
  1. Kegiatan bisa diseragamkan 
  2. Kegiatan dapat dilakukan dengan mudah 
  3. Kegiatan dapat dilakukan secara efisien
  4. Terdapat jaminan mutu kinerja yang standar
75. Dalam Permendiknas no 13 tahun 2007 diamanatkan bahwa kepala sekolah harus memiliki kompetensi kewirausahaan. Berikut ini yg terkait dgn kompetensi kewirausahaan untuk kepala sekolah ialah.........
  1. Menciptakan inovasi untuk pengembangan sekolah
  2. Mampu melakukan kunjungan kelas secara berkala
  3. Mampu bekerjasama dengan pihak lain
  4. Mampu membuat program tahunan dengan benar
76. Salah satu tujuan MPMBS ialah untuk memandirikan atau memberdayakan sekolah melalui pemberian kewenangan (otonomi) kepada sekolah, pemberian fleksibilitas yang lebih besar kepada sekolah untuk mengelola sumberdaya sekolah, dan mendorong partisipasi warga sekolah dan masyarakat. Berikut ini yang TIDAK termasuk indikator tercapainya tujuan MPMBS ialah…….
  1. semakin meningkatnya perhatian masyarakat terhadap sekolah
  2. meningkatnya inovasi kepala sekolah untuk mengembangkan lembaga
  3. berkurangya ketergantungan sekolah pada pemerintah
  4. meningkatnya jumlah siswa pada masing-masing rombongan belajar
77. Dalam rangka optimalisasi partisipasi warga sekolah dan masyarakat dalam mengembangkan sekolah, maka sekolah boleh ........
  1. Memungut uang sekolah sebesar-besarnya
  2. Mendorong masyarakat untuk memberikan saran/kritik terhadap sekolah melalui jalur yang benar.
  3. Memprioritaskan warga sekitar dalam merikrut tenaga pengajar
  4. Mewajibkan warga sekitar untuk menjadi donatur tetap untuk pengembangan sekolah
78. SWOT ialah merupakan singkatan dari Strength, Weakness, Opportunity dan Threat yang artinya ialah .....
  1. Kekuatan, kelemahan, permasalahan dan ancaman
  2. Kekuatan, kelemahan, permasalahan dan solusi
  3. Kekuatan, kelemahan, peluang dan kondisi
  4. Kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman
79. Analisis SWOT bertujuan untuk .....
  1. Menentukan kesiapan fungsi-fungsi dalam kerangaka mencapai sasaran tertentu
  2. Menentukan besarnya biaya yang dibutuhkan untuk mencapai sasaran tertentu
  3. Menghindari kelemahan dan ancaman agar sasaran dapat dicapai
  4. Menunjukkan kekuatan dan menyembunyikan kelemahan dalam kerangka mencapai sasaran
80. KTSP SMK NEGERI telah ditanda tangani oleh Dinas Pendidikan tingkat Provinsi. Sekolah tersebut berkehendak menyempurnakan KTSP-nya, karena isi KTSP tersebut dipandang masih sangat kurang. Untuk memecahkan masalah tersebut Kepala Sekolah sebagai penanggungjawab KTSP melakukan :...
  1. Memerintahkan wakil kepala bidang kurikulum segera merevisi KTSP sesuai kekurangan yang ada,
  2. Membentuk TIM monitoring keterlaksanaan KTSP dan segera melakukan kegiatan sehingga diperoleh informasi tentang kekurangan yang ada dan digunakan sebagai bahan revisi KTSP pada tahun berikutnya,
  3. Menugaskan kepada TIM penyusun KTSP untuk segera merombak KTSP sesuai kekurangan yang ada, sehingga dalam tahun berjalan KTSP lebih sempurna,
  4. Menugaskan kepada TIM penyusun KTSP untuk melakukan evaluasi dokumen KTSP dan segera dibenahi kekurangan yang ada.
81. Sekolah akan memberikan pelayanan kepada siswa, sehingga setiap siswa dapat mengembangkan dan mengekspresikan dirinya sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat, serta dapat mengembangkan prestasinya. Untuk menyikapi hal tersebut di atas yang dapat dilakukan oleh sekolah adalah ...
  1. Melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan sekolah, sehingga bakat siswa dapat berkembang secara optimal,
  2. Membentuk kelas unggulan, sehingga potensi siswa dapat berkembang secara optimal dengan pelayanan khusus yang telah dirancang,
  3. Menambah mata pelajaran muatan lokal yang orientasinya pada keunggulan lokal, sehingga semua siswa yang mengikuti mata pelajaran tersebut dapat memiliki keterampilan khusus,
  4. Menambah jam tatap muka mata pelajaran olah raga, sehingga pelayanan bakat anak dapat diberikan secara optimal.
82. Sebagai kepala sekolah kita harus senantiasa mengembangkan diri. Hal ini dpt dilakukan dg ......
  1. Memiliki gelar akademik yang setinggi-tingginya
  2. Menggunakan sebagian besar waktu kita untuk melakukan penelitian
  3. Senantiasa belajar hal-hal terkait dengan tugas pada saat yang tepat
  4. Berusaha tampil terbaik dalam segala bidang
83. Salah satu ciri khas kepala sekolah yang berkepribadian bagus ialah.......
  1. Mau menerima saran dari staff, orang tua atau masyarakat
  2. Senantiasa mengumumkan semua informasi terkait dengan lembaga
  3. Berusaha tidak melibatkan orang lain dalam membuat keputusan
  4. Bersama-sama dengan seluruh warga sekolah untuk mengelola keuangan
84. Berikut ini adalah cara yang tepat dilakukan oleh kepala sekolah yang berkepribadian bagus dalam membangun disiplin siswa ....
  1. senantiasa mengawasi gerak gerik setiap warga sekolah agar tidak terjerumus melakukan hal yang tidak diinginkan
  2. selalu bertindak tegas serta memberi hukuman pelanggar aturan secara terbuka
  3. senantiasa disiplin baik dlm melaksanakan tugas di sekolah maupun kegiatan lain di luar sekolah
  4. selalu mengingatkan siapapun yang melakukan hal yang tidak sesuai dengan dirinya
85. Berikut ini yang tidak termasuk sifat kepala sekolah yang baik ialah .....
  1. Memiliki kecerdasan emosi yang tinggi
  2. Ulet dalam melaksanakan tugas
  3. Tidak gampang marah dalam menghadapi masalah
  4. Tegas dan siap melakukan evaluasi terhadaf staff secara terbuka
86. Berikut ini yang BUKAN ciri khas sekolah yang menerapkan MPMBS ialah ....
  1. Adanya otonomi sekolah yang lebih luas 
  2. Menetapkan kebijakan local
  3. Mengambil keputusan partisipatif 
  4. Memberikan akuntabilitas public
87. Berdasarkan Permendiknas no 13 tahun 2007, kepala sekolah harus memiliki kompetensi sosial. Berikut ini yang bukan indikator kompetensi sosial kepala sekolah ialah.......
  1. Bekerjasama dengan pihak lain untuk mengembangkan sekolah
  2. Berpartisipasi dalam kegiatan kemasyarakatan
  3. Peka terhadap permasalahan warga sekolah
  4. Berpartisipasi aktif dalam semua kegiatan ilmiah
88. Hal yg boleh dilakukan oleh kepala sekolah berdasarkan Permendiknas no 13 tahun 2007 ialah ...
  1. Melaksanakan kerjasama dengan lembaga lain sebagai upaya peningkatan kompetensi guru.
  2. Membuka Income Generating Unit dengan prioritas utama peningkatan kesejahteraan staff
  3. Mencari terobosan sumber dana melalui kegiatan apapun yang menguntungkan lembaga
  4. Menjual aset sekolah yang belum dimanfaatkan secara maksimal untuk pengembangan lembaga
89. Terhadap siswa yang datang terlambat, langkah pertama yang kita lakukan ialah.........
  1. melarangnya memasuki sekolah
  2.  memberinya sanksi agar jera atas perbuatannya
  3. meminta penjelasan mengapa ia terlambat
  4. menyuruhnya masuk kelas dan segera mengikuti pelajaran
90. Setiap warga sekolah bisa memberikan pembelajaran budi pekerti. Salah satu hal yang dapat dilakukan ialah dengan ...
  1. berperilaku sopan dengan siapapun
  2. bertindak keras bagi setiap tidak mampu melaksanakan tugas dengan baik
  3. tak bosan-bosan memberi komentar setiap tindakan siswa
  4. senantiasa mengawasi gerak-gerik siswa selama di dalam kelas
Itulah kiranya Soal Uji Kompetensi Kepala Sekolah PAUD yang bisa kami sajikan untuk latihan, referensi, bahan pengetahuan dengan kunci jawaban supaya lebih mudah dalam menganalisa soalnya. Bagi yang membutuhkan bisa dengan mudah didapatkan melalui link yang sudah kami sediakan dibawah ini :
Demikianlah kiranya berbagi Soal Uji Kompetensi Kepala Sekolah PAUD, Soal UKKS TK, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Soal Uji Kompetensi Kepala Sekolah PAUD"

Posting Komentar