Soal dan Kunci Jawaban Pedagogik 3 Seri Belajar Mandiri Calon ASN PPPK

Soal dan Kunci Jawaban Pedagogik 3 Seri Belajar Mandiri Calon ASN PPPK - Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK yakni Program pembelajaran yang dirancang sebagai solusi untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesionalisme dengan menyediakan fasilitas untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan serta latihan-latihan soal-soal sebagai bekal dalam mengikuti seleksi Guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPK).

Soal dan Kunci Jawaban Pedagogik 3 Seri Belajar Mandiri Calon ASN PPPK


Setelah beberapa hari resmi dibukanya Forum Guru Belajar dan Berbagi Program Calon ASN P3K oleh Menteri Pendidikan Bapak Nadiem Makarim, sudah banyak sekali Guru yang mendaftar dengan akun SIM PKB masing-masing.

Sampai saat ini juga sudah banyak sekali Guru yang menyelesaikan Program Belajar dan menjawab soal-soal test yang ada didalam LMS P3K. Karena memang setelah mendaftar Guru tersebut diberikan waktu selama 7 Hari (1 Minggu) untuk menyelesaikan itu semua.

Kebetulan admin juga mengikuti Program Guru Belajar dan berbagi Calon ASN P3K dan saat ini alhamdulilah sudah menyelesaikannya. Bagi Bapak/Ibu yang kebetulan kesulitan menjawab soal-soal test yang ada di setiap pembelajaran khusus Pedagogik, kami akan berikan dan bagikan sekaligus dengan kunci jawaban secara bertahap.

Berikut ini kami jabarkan soal dan kunci jawaban yang ada dalam riviuw pembelajaran Pedagogik Pembelajaran ke-3 (HOTs) Calon ASN P3K. Selamat membaca!!

1. Strategi guru saat peserta didik belum siap melakukan keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah....
a.tetap melakukan aktivitas dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi
b.membangun skemata dari pengetahuan awal yang telah diperoleh sebelumnya dengan pengetahuan baru yang akan diajarkan
c.membentuk kelompok siswa dengan kemampuan yang heterogen
d.merubah perencanaan disesuaikan dengan kemampuan siswa

2. Keterampilan berpikir tingkat tinggi memiliki beberapa aspek. Pemahaman bahwa keterampilan untuk dapat memecahkan masalah yang muncul pada kehidupan sehari-hari merupakan bagian dari aspek keterampilan berpikir tingkat tinggi sebagai..
a.creative thinking
b.transfer knowledge
c.problem solving
d.critical thinking

3. Contoh aktivitas pembelajaran yang mengasah keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah ....
a.melihat video tentang cuaca
b.membaca berbagai sumber tentang cuaca dan iklim
c.membandingkan hasil pengamatan cuaca melalui alat manual dan aplikasi
d.mencatat hasil pengamatan cuaca

4. Perhatikan pernyataan berikut.
Mudah beradaptasi dan mampu mengelola kompleksitas. 
Keingintahuan, kreativitas, dan pengambilan risiko. 
Berpikir tingkat tinggi dan alasan yang masuk akal. 

Pernyataan tersebut merupakan ciri-ciri dari sebagai bagian dari keterampilan Abad ke-21.
a.Effective Communication
b.Inventive Thinking
c.Digital Age Literacy
d.High Productivity

5. Pada KD “Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya,”pengembangan materi pengayaan pada KD tersebut adalah ....

a.menjelaskan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup
b.menyebutkan upaya pelestarian beberapa jenis makhluk hidup
c.membandingkan siklus makhluk hidup satu dengan yang lainnya
d.menganalisis hubungan antara siklus hidup dengan upaya pelestarian

6. Rumusan indikator kunci untuk kompetensi dasar “Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar,” adalah..

a.menggeneralisasi hubungan antar komponen ekosistem
b.menyebutkan pengertian ekosistem
c.menjelaskan jaring-jaring makanan
d.menelaah hubungan antar komponen ekosistem

7. Indikator kunci dari kompetensi dasar “Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar” adalah ….

a.menjelaskan tentang gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
b.menguji hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
c.mengklasifikasi tentang gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
d.menganalisis hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar

8. Salah satu proses kognitif adalah “menganalisis” yang maknanya adalah ....

a.membangun arti dari proses pembelajaran, termasuk komunikasi lisan, tertulis dan gambar
b.menempatkan unsur-unsur secara bersama-sama untuk membentuk keseluruhan secara koheren atau fungsional
c.melakukan atau menggunakan prosedur di dalam situasi yang tidak biasa
d.memecah materi ke dalam bagian-bagian dan menentukan bagaimana bagian-bagian itu terhubungkan antar bagian

9. Pada pendidikan abad ke-21, kompetensi Collaboration sangat penting karena peserta didik dapat....

a. mengidentifikasi, menganalisis, menginterpretasikan, dan mengevaluasi bukti-bukti, argumentasi, klaim dan data-data yang tersaji secara luas melalui pengkajian secara mendalam, serta merefleksikannya dalam kehidupan sehari-hari
b.bekerja sama dalam sebuah kelompok dalam memecahkan permasalahan yang ditemukan
c.mengomunikasikan ide-ide dan gagasan secara efektif menggunakan media lisan, tertulis, maupun teknologi
d.menghasilkan, mengembangkan, dan mengimplementasikan ide-ide mereka secara kreatif baik secara mandiri maupun berkelompok

10. Manakah diantara pernyataan berikut yang merupakan indikator pengayaan dari Kompetensi Dasar “Menganalisisperan ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa”?

a.Merasionalkan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.
b.Mengklasifikasi peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.
c.Membandingkan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.
d.Menjelaskan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang budaya.

Demikianlah kiranya berbagi Soal dan Kunci Jawaban Pedagogik Pembelajaran 3 (Keterampilan berpikir Tingkat Tinggi ) Calon ASN P3K. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Soal dan Kunci Jawaban Pedagogik 3 Seri Belajar Mandiri Calon ASN PPPK"

Posting Komentar