Soal dan Kunci Jawaban Pedagogik 2 seri Belajar Mandiri Calon ASN PPPK

Soal dan Kunci Jawaban Pedagogik 2 seri Belajar Mandiri Calon ASN PPPK - Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK yakni Program pembelajaran yang dirancang sebagai solusi untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesionalisme dengan menyediakan fasilitas untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan serta latihan-latihan soal-soal sebagai bekal dalam mengikuti seleksi Guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPK).

Soal dan Kunci Jawaban Pedagogik 2 seri Belajar Mandiri Calon ASN PPPK


Setelah beberapa hari resmi dibukanya Forum Guru Belajar dan Berbagi Program Calon ASN P3K oleh Menteri Pendidikan Bapak Nadiem Makarim, sudah banyak sekali Guru yang mendaftar dengan akun SIM PKB masing-masing.

Sampai saat ini juga sudah banyak sekali Guru yang menyelesaikan Program Belajar dan menjawab soal-soal test yang ada didalam LMS P3K. Karena memang setelah mendaftar Guru tersebut diberikan waktu selama 7 Hari (1 Minggu) untuk menyelesaikan itu semua.

Kebetulan admin juga mengikuti Program Guru Belajar dan berbagi Calon ASN P3K dan saat ini alhamdulilah sudah menyelesaikannya. Bagi Bapak/Ibu yang kebetulan kesulitan menjawab soal-soal test yang ada di setiap pembelajaran khusus Pedagogik, kami akan berikan dan bagikan sekaligus dengan kunci jawaban secara bertahap.

Berikut ini soal dan kunci jawaban untuk test pedagogik pembelajaran 2 Karakter Peserta Didik dalam Program calon ASN P3K, Selamat membaca.!

1. Pada suatu proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak peserta didik akan dikembangkan aspek motorik kasarnya, maka pendidik dapat menugaskan peserta didiknya untuk melakukan kegiatan:
a.Memasang puzzle
b.Mewarnai pola
c.Menjiplak huruf
d.Meronce membuat kalung
e.Menendang bola

2. Pada saat pembelajaran berlangsung guru mengingatkan peserta didik yang kurang semangat dan kurang aktif dalam belajar. Tindakan guru tersebut berarti memperhatikan aspek:?
a.Sosial
b.Kultural
c.Etnik
d.Status sosial
e.Motivasi

3. Guru A ketika melakukan proses pembelajaran selalu menggunakan media, kadang memutar video pembelajaran, kadang memutar CD audio, kadang menggunakan poster berwarna, agar peserta didiknya memperhatikan dan tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta senang mengikuti pelajarannya, sehingga hasilnya sangat baik. Pembelajaran dilakukan demikian karena pertimbangan:
a.Etnik peserta didik
b.Gender peserta didik
c.Kultural peserta didik
d.Gayabelajarpesertadidik
e.Minat peserta didik

4. Perkembangan moral peserta didik/anak menurut Kohberg terdiri dari beberapa tahap. Tahap naively egoistic orientation, yaitu tahap dimana anak menilai baik-buruk berdasarkan:
a.Hati nurani
b.Akibat perbuatan
c.Persetujuan orang lain
d.Kontrak/imbal jasa
e.Ketertiban sosial

5. Perkembangan kognitif peserta didik Sekolah Dasar berada pada taraf ?operasional kongkrit, sehingga mereka merasa kurang memahami materi pelajaran yang disampaikan gurunya secara verbal saja. Proses pembelajaran tersebut akan efektif jika disertai dengan menggunakan:
a.Media gambar
b.Media cetak
c.Media benda nyata
d.Media grafis
e.Media poster

6. Pak Aris merupakan guru kelas V SD ketika memberikan pembelajaran menyanyi/musik, memilih lagu-lagu dari asal daerah peserta didiknya. Tindakan guru tersebut karena memperhatikan karakteristik peserta didik terutama: ?
a.Minat
b.Kultural
c.Etnik
d.Gender
e.Status social

7. Pak Adit seorang guru SMP X, ketika melakukan proses pembelajaran menghadapi peserta didik yang berasal dari berbagai latar belakang kondisi keluarga, ada keluarga mampu, ada yang miskin, ada yang orang tuanya menjadi pejabat, ada yang sebagai buruh, dan pegawai swasta. Namun Pak Adit memberikan perhatian dan pelayanan yang sama kepada peserta didiknya. Hal ini sebenarnya Pak Adit memperhatiakan karakteristik peserta didik terutama:
a.Motivasi
b.Status social
c.Kultural
d.Etnik
e.Minat

8. Pak Anton ketika akan melakukan kegiatan pembelajaran dengan topik Tata Surya melakukan pre tes terlebih dahulu, dengan maksud ingin mengetahui pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki peserta didiknya sebagai patokan untuk memulai pembahasan topik tersebut. Hal ini berarti Pak Anton memperhatikan karakteristik peserta didik dalam hal:
a.Perkembangan motoriknya
b.Motivasi belajarnya
c.Perkembangan sosialnya
d.Kemampuan awalnya
e.Perkembangan emosinya

9. Peserta didik dalam suatu kelas gaya belajarnya beragam ada yang visual, auditori, dan kinestetik. Namun kegiatan pembelajaran selama ini masih banyak yang konvensional-klasikal. Agar dapat memenuhi ketiga gaya belajar tersebut, guru perlu:
a.Menggunakan modul dan powerpoint.
b.Menggunakan media audio, video, dan percobaan.
c.Menggunakan media komik pembelajaran dan buku paket.
d.Menggunakan program audio dan modul.
e.Menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab.

10. Pada Suatu proses pembelajaran yang kebetulan hari itu bertepatan dengan peringatan Sumpah Pemuda, Guru sebelumnya telah menghimbau kepada peserta didik untuk mengenakan busana daerah masing-masing. Tindakan Guru tersebut memperhatikan karakteristik peserta didik terutam aspek?
a. Motivasi
b. Minat
c. Status Sosial
d. Etnik
c. Moral

Demikian berbagi tentang Soal dan Kunci Jawaban Pedagogik 2 Seri Belajar Mandiri Calon ASN PPPK semoga bisa bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Soal dan Kunci Jawaban Pedagogik 2 seri Belajar Mandiri Calon ASN PPPK"

Posting Komentar