40 Soal Pedagogik Tes CPNS PPPK

40 Soal Pedagogik CPNS akan kami bagikan secara Gratis mengingat saat ini sudah ada rencana dari Bapak Menteri Pendidikan Indonesia yakni Pak Nadiem Mukarim untuk menerima ASN dari PPPK berjumlah 1 Juta lebih.

Ini mungkin sebagai persiapan saja bagi bapak/ibu yang ingin belajar mengenal, menjawab soal-soal pedagogik, latihan soal asn pppk, supaya nantinya bisa dengan siap menjawab soal-soal dan lulus menjadi ASN PPPK.

40 Soal Pedagogik Tes CPNS PPPK


Dibawah ini kami sertakan soal-soalnya, selamat belajar...!!

1. Seorang guru mengajak siswa melakukan kunjungan ke suatu lembaga, namun sesampai di lembaga tersebut belum ada petugas dan narasumber yang melayani. Untuk mengisi kekosongan waktu guru tersebut memulai pembelajaran dengan memilih menggunakan strategi pembelajaran ekspositori, pertimbangan guru memilih strategi tersebut yaitu .... *
A. Ruang kelas yang terbatas
B. Sedikitnya jumlah guru
C. Waktu belajar cukup banyak
D. Sumber belajar hanya dimiliki pendidik
E. Tidak ada sumber belajar dan media pembelajaran

2. Kegiatan pembelajaran yang dirancang dalam bentuk permainan tebak-tebakan yang dilakukan dengan gerakan yang menantang kemampuan peserta didik merupakan salah satu strategi untuk mengaktifkan kecerdasan ....
A. logis matematis
B. verbal linguistik
C. visual spasial
D. kinestetik
E. naturalis

3. Seorang guru ingin membelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif. Maka urutan tahapan yang tepat pada model pembelajaran kooperatif adalah ….
A. Kuis, bekerja kelompok, orientasi, penghargaan kelompok
B. Kuis, penghargaan kelompok, bekerja kelompok, orientasi
C. Orientasi, penghargaan kelompok, bekerja kelompok, kuis
D. Orientasi, pengamatan, bekerja kelompok, kuis, penghargaan kelompok
E. Orientasi, bekerja kelompok, kuis, penghargaan kelompok

4. Dalam kegiatan penilaian otentik banyak model yang dapat digunakan. Pada suatu penilaian seorang guru meminta siswa untuk mendemonstrasikan tugas belajar tertentu. Bentuk penilaian otentik tersebut merupakan contoh penilaian otentik berbentuk penilaian ….
A. portofolio
B. proyek
C. antarteman
D. kinerja
E. diri

5. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah ….
A. behaviorisme
B. kognitif
C. humanistik
D. sibernetik
E. konstruktivisme

6. Pada saat menyusun perencanaan pembelajaran pokok materi tentang mamalia, seorang guru merumuskan tujuan pembelajaran agar peserta didik dapat mendefinisikan hewan mamalia, mengelompokkan dan membedakan jenis-jenis mamalia. Adapun pilihan strategi pembelajaran untuk menjelaskan materi kepada siswa tersebut yaitu strategi pembelajaran deduktif. Tujuan dan strategi pembelajaran tersebut mencerminkan ragam pengetahuan yang jenisnya ….
A. fakta
B. konsep
C. prinsip
D. keterampilan
E. prosedur

7. Saat merancang pembelajaran, seorang guru ingin menyederhanakan konsep/prinsip/hukum yang kompleks sehingga dapat memperjelas penyajian pesan secara tertulis. Media pembelajaran yang paling tepat digunakan adalah ….
A. bagan
B. flip chart
C. foto
D. grafik
E. gambar

8. Jenis evaluasi yang ditujukan untuk menelaah kelemahan-kelemahan siswa beserta faktor-faktor penyebabnya adalah evaluasi ….
A. selektif
B. formatif
C. sumatif
D. diagnostik
E. penempatan
9. Konsep belajar yang mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Pernyataan tersebut merupakan karakteristik model pembelajaran ….
A. kooperatif
B. inkuiri
C. discovery
D. kontekstual
E. problem solving

10. Pada akhir pembelajaran, Pak Ihlan Sutari meminta peserta didik untuk mendemonstrasikan tugas belajar yang telah diberikan dengan tujuan agar peserta didik tersebut mengaplikasikan kemampuan keterampilan yang dimilikinya dan guru dapat menilai kompetensinya. Instrumen yang dapat dipilih oleh Pak Ihlan Sutari untuk merekam hasil belajar adalah ….
A. daftar cek (check list)
B. benar salah (true false)
C. pilihan ganda (multiple choice)
D. menjodohkan (matching)
E. jawaban bebas (completion test)

11. Sebagian siswa kesulitan menjawab soal tes pilihan ganda yang disusun oleh guru. Hal tersebut disebabkan materi dalam soal sebagian belum dipelajari oleh siswa karena materi tersebut seharusnya diberikan pada pertemuan berikutnya. Hal yang seharusnya dilakukan guru dalam menyusun soal pilihan ganda pada aspek materi adalah ….
A. soal harus sesuai dengan indikator
B. pokok soal harus dirumuskan secara jelas
C. pilihan jawaban harus homogen dan logis
D. panjang rumusan pilihan jawaban relatif sama
E. butir tes tidak tergantung pada jawaban soal sebelumnya

12. Pokok soal dalam soal bentuk pilihan ganda (multiple choice) terdiri dari ….
A. stimulus dan pilihan jawaban yang lengkap
B. stimulus dan pertanyaan/pernyataan tidak lengkap
C. stimulus dan pengecoh yang berfungsi
D. stimulus dan indikator soal yang lengkap
E. stimulus dan pilihan jawaban yang homogen

13. Belajar memiliki beberapa perspektif. Belajar dalam perspektif konstruktivisme lebih mengutamakan pada ….
A. hasil
B. pembelajaran
C. nilai
D. proses
E. produk

14. Pendidikan memiliki beberapa sifat. Salah satunya adalah pendidikan merupakan suatu upaya untuk membantu manusia agar mampu hidup sesuai dengan martabat kemanusiaannya. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan bersifat ….
A. humanisasi
B. individualitas
C. organisasi
D. sosialitas
E. potensialitas

15. Tujuan pembelajaran dirumuskan lebih spesifik atau detail dengan merujuk pada ….
A. Kompetensi inti
B. Kompetensi dasar
C. Silabus
D. Indikator pencapaian kompetensi
E. RPP

16. Salah satu indikator keberhasilan pendidik mengajar adalah hasil belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik harus mencakup tiga ranah kemampuan, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Untuk memperoleh informasi tentang hasil belajar tersebut perlu dilakukan pengukuran. Pengukuran dapat diartikan sebagai proses ….
A. Memberi bentuk kualitatif pada hasil belajar
B. Menentukan tingkat KKM hasil belajar
C. Mengkuantifikasikan hasil belajar
D. Menjabarkan skala hasil belajar
E. Membuat skor standar hasil belajar

17. Untuk mengukur hasil belajar peserta didik dapat digunakan tes bentuk uraian atau objektif. Kedua macam bentuk tes ini memiliki beberapa kelebihan dan kelemahan. Salah satu kelebihan tes uraian dibandingkan tes objektif adalah ….
A. Tingkat validitas tinggi
B. Mengukur kemampuan yang lebih kompleks
C. Tingkat reliabilitas tinggi
D. Lingkup materi lebih luas
E. Informasi hasil tes lebih cepat

18. Penilaian kompetensi keterampilan dapat dilakukan melalui aktifitas ....
A. Tes lisan, tes tulis, praktik, dan portofolio
B. Tes lisan, tes tulis, projek, dan portofolio
C. Tes lisan, tes tulis dan tes wawancara
D. Observasi, tanya jawab, dan tes tulis
E. Portofolio, proYek, penugasan, dan praktek

19. Perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar (KD) tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran merupakan pengertian dari ....
A. Kompetensi Inti (KI)
B. Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
C. Indikator
D. Standar Isi
E. Standar Proses

20. Setiap guru pasti akan menghadapi permasalahan dalam proses belajar mengajar di kelas. Untuk itu setiap guru dituntut mampu melakukan pemecahan masalah yang terjadi. Salah satu cara paling tepat yang dapat dilakukan oleh guru dalam mencari solusi dari permasalahan yang terjadi dalam proses KBM adalah dengan ....
A. Meminta solusi dari kepala sekolah
B. Mendatangkan konsultan pendidikan
C. Melakukan Classroom Action Research
D. Menemui orang tua siswa
E. Berkonsultasi dengan dinas pendidikan.

21. Pada masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan di atas sejalan dengan teori belajar ....
A. Konstruktivisme
B. Behaviorisme
C. Kognitivisme
D. Sibernetik
E. Humanistik

22. Di bawah ini merupakan prinsip-prinsip Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menurut Suharsimi Arikunto, kecuali ....
A. SWOT sebagai dasar berpijak
B. kegiatan yang direkayasa
C. upaya empiris dan sistematis
D. kesadaran diri untuk memperbaiki kinerja
E. ikuti prinsip SMART dalam perencanaan

23. Dalam pandangan Jurgen Hubermas, tipe belajar yang menekankan pentingnya penguasaan ilmu-ilmu alam atau sains disebut ….
A. belajar teknis
B. belajar praktis
C. belajar emansipatori
D. belajar aktif
E. belajar kelompok

24. Contoh penerapan teori behavioristik yang dapat dilakukan oleh guru dalam praktik pembelajaran adalah ....
A. Memahami tahap-tahap perkembangan peserta didik dan menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan tahap tersebut
B. Membimbing siswa dalam memperoleh pengetahuan baru
C. Menyediakan atau memberikan kegiatan-kegiatan yang merangsang keingintahuan siswa dan membantu mereka kengekspresikan gagasannya
D. Memberikan stimulus kepada peserta didik berupa penataan lingkungan belajar
E. Memberikan penjelasan pengetahuan baru

25. Apabila dalam proses belajar peserta didik melakukan sesuatu sampai dengan mendapatkan respon yang tepat dan sesuai dengan apa yang diinginkan serta menghilangkannya apabila dirasakan tidak sesuai, hal ini merupakan prinsip belajar dari ....
A. Shaping
B. Conditioning
C. Stimulus respon
D. Trial and error
E. Konseptualisasi

26. Menurut Jerome Bruner, apabila seseorang memahami obyek-obyek atau dunianya melalui gambar-gambar dan visualisasi verbal dengan kata lain peserta didik belajar melalui bentuk perumpamaan atau perbandingan, hal ini merupakan tahapan dari ….
A. Intuitif
B. Ikonik
C. Konflik
D. Simbolik
E. Enaktif

27. Peserta didik dalam suatu kelas gaya belajarnya beragam ada yang visual, auditori, dan kinestetik. Namun kegiatan pembelajaran selama ini masih banyak yang konvensional-klasikal. Agar dapat memenuhi ketiga gaya belajar tersebut, guru perlu ….
A. Menggunakan modul dan powerpoint.
B. Menggunakan program audio dan modul.
C. Menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab.
D. Menggunakan media audio, video, dan percobaan.
E. Menggunakan media komik pembelajaran dan buku paket.

28. Pada suatu proses pembelajaran yang kebetulan hari itu bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda, guru sebelumnya telah menghimbau kepada peserta didik untuk mengenakan busana daerah masing-masing. Tindakan guru tersebut memperhatikan karakteristik peserta didik, terutama aspek ….
A. Motivasi
B. Etnik
C. Status Sosial
D. Minat
E. Moral
29. Guru A ketika melakukan proses pembelajaran selalu menggunakan media, kadang memutar video pembelajaran, kadang memutar CD audio, kadang menggunakan poster berwarna, agar peserta didiknya memperhatikan dan tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta senang mengikuti pelajarannya, sehingga hasilnya sangat baik. Pembelajaran dilakukan demikian karena pertimbangan ….
A. Etnik peserta didik
B. Gender peserta didik
C. Minat peserta didik
D. Kultural peserta didik
E. Gaya belajar peserta didik

30. Pak Adit seorang guru SMP X, ketika melakukan proses pembelajaran menghadapi peserta didik yang berasal dari berbagai latar belakang kondisi keluarga, ada keluarga mampu, ada yang miskin, ada yang orang tuanya menjadi pejabat, ada yang sebagai buruh, dan pegawai swasta. Namun Pak Adit memberikan perhatian dan pelayanan yang sama kepada peserta didiknya. Hal ini sebenarnya Pak Adit memperhatiakan karakteristik peserta didik terutama ….
A. Minat
B. Etnik
C. Kultural
D. Motivasi
E. Status sosial

31. Pak Anton ketika akan melakukan kegiatan pembelajaran dengan topik Tata Surya melakukan pre tes terlebih dahulu, dengan maksud ingin mengetahui pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki peserta didiknya sebagai patokan untuk memulai pembahasan topik tersebut. Hal ini berarti Pak Anton memperhatikan karakteristik peserta didik dalam hal ….
A. Perkembangan sosialnya
B. Perkembangan emosinya
C. Perkembangan motoriknya
D. Motivasi belajarnya
E. Kemampuan awalnya

32. Contoh aktivitas pembelajaran yang mengasah keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah ....
A. mencatat hasil pengamatan cuaca
B. melihat video tentang cuaca
C. membaca buku tentang iklim
D. membandingkan hasil pengamatan cuaca melalui alat manual dan aplikasi
E. membaca berbagai sumber tentang cuaca

33. Keterampilan berpikir tingkat tinggi memiliki beberapa aspek. Pemahaman bahwa keterampilan untuk dapat memecahkan masalah yang muncul pada kehidupan sehari-hari merupakan bagian dari aspek keterampilan berpikir tingkat tinggi sebagai ....
A. transfer knowledge
B. creative thinking
C. communication skill
D. critical thinking
E. problem solving

34. Perhatikan pernyataan berikut! (1) Mudah beradaptasi dan mampu mengelola kompleksitas; (2) Keingintahuan, kreativitas, dan pengambilan risiko; (3) Berpikir tingkat tinggi dan alasan yang masuk akal. Pernyataan tersebut merupakan ciri-ciri dari keterampilan Abad ke-21 bagian ….
A. Effective Communication
B. High Productivity
C. Inventive Thinking
D. Digital Age Literacy
E. Communication Skill

35. Perhatikan pernyataan berikut! (1) Kemampuan untuk memprioritaskan, merencanakan, dan mengelola hasil; (2) Penggunaan alat dunia nyata yang efektif; (3) Produk yang relevan dan berkualitas tinggi. Pernyataan tersebut merupakan ciri-ciri dari keterampilan Abad ke-21 bagian ….
A. Era literasi digital
B. Berpikir inventif
C. Komunikasi yang efektif
D. Produktivitas tinggi
E. Berpikir kritis

36. Pengembangan indikator pencapaian kompetensi merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh seorang guru sebelum mengembangkan RPP dan melaksanakan pembelajaran. Berikut ini ketentuan yang harus diperhatikan dalam pengembangan IPK, kecuali ….
A. menggunakan KKO yang bisa diukur
B. menggunakan kalimat yang simpel, jelas, dan mudah dipahami
C. tidak menggunakan kata yang bermakna ganda
D. mengandung lebih dari satu tindakan
E. memperhatikan karakteristik mata pelajaran

37. Salah satu proses kognitif adalah “menganalisis” yang maknanya adalah ....
A. menempatkan unsur-unsur secara bersama-sama untuk membentuk keseluruhan secara koheren atau fungsional
B. membangun arti dari proses pembelajaran, termasuk komunikasi lisan, tertulis dan gambar
C. memecah materi ke dalam bagian-bagian dan menentukan bagaimana bagian-bagian itu terhubungkan antar bagian
D. membuat pertimbangan berdasarkan kriteria atau standar
E. melakukan atau menggunakan prosedur di dalam situasi yang tidak biasa

38. Salah satu proses kognitif yang tergolong level HOTS adalah mengevaluasi. Makna dari mengevaluasi adalah ….
A. menempatkan unsur-unsur secara bersama-sama untuk membentuk keseluruhan secara koheren atau fungsional
B. membangun arti dari proses pembelajaran, termasuk komunikasi lisan, tertulis dan gambar
C. memecah materi ke dalam bagian-bagian dan menentukan bagaimana bagian-bagian itu terhubungkan antar bagian
D. membuat pertimbangan berdasarkan kriteria atau standar
E. melakukan atau menggunakan prosedur di dalam situasi yang tidak biasa

39. Pada pendidikan abad ke-21, kompetensi Collaboration sangat penting karena peserta didik dapat ....
A. menghasilkan, mengembangkan, dan mengimplementasikan ide-ide mereka secara kreatif baik secara mandiri maupun berkelompok
B. mengomunikasikan ide-ide dan gagasan secara efektif menggunakan media lisan, tertulis, maupun teknologi
C. bekerja sama dalam sebuah kelompok dalam memecahkan permasalahan yang ditemukan
D. mengidentifikasi, menganalisis, menginterpretasikan, dan mengevaluasi bukti-bukti, argumentasi, klaim dan data-data yang tersaji secara luas melalui pengkajian secara mendalam, serta merefleksikannya dalam kehidupan sehari-hari
E. menentukan objek yang berhubungan dengan masalah, memeriksa masalah yang terkait dengan asumsi, dan menyatakan hipotesis yang terkait dengan masalah

40. Peserta didik diminta untuk menyebutkan nama tumbuhan yang ada di sekolah. Aktivitas pembelajaran tersebut masuk ke dalam dimensi pengetahuan ….
A. prosedural
B. metakognitif
C. konseptual
D. faktual
E. objektif

Itulah kiranya berbagi tentang 40 Soal Pedagogik Tes CPNS PPPK yang bisa kami bagikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "40 Soal Pedagogik Tes CPNS PPPK"

Posting Komentar