Pedoman Administrasi PAUD Terbaru

Administrasi PAUD - Pedoman Administrasi PAUD Terbaru - Program Pendidikan Anak Usia Dini dari semula dicanangkan, telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Secara kuantitas, hal ini dapat dilihat dari pertambahan jumlah lembaga PAUD Non Formal yang ada di masyarakat. Sedangkan secara kualitas, sudah banyak pelatihan yang diadakan guna menunjang penyempurnaan kegiatan belajar mengajar yang ada.

Pedoman Administrasi PAUD Terbaru

Sebagai satu rangkaian dari penyelenggaraan program PAUD Non Formal, adalah dari segi mengelola administrasi lembaga PAUD NF. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan penyelenggara/pengelola dalam menyusun administrasi lembaganya masih sangat lemah. Penyelenggara / pengelola tidak dapat menyediakan administrasi yang efektif dan efisien untuk menunjang lembaganya sehingga kemajuan lembaga tidak dapat dipantau dengan baik.

Berdasarkan hal-hal tersebut di atas, dipandang perlu menyusun Pedoman Administrasi Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang harus ada di masing-masing bentuk layanan program PAUD Non Formal, sehingga para Penyelenggara/Pengelola dan Tenaga Pendidik maupun masyarakat dapat melaksanakan kegiatan dengan benar sesuai ketentuan yang ada.
Program PAUD adalah salah satu bentuk Pendidikan Anak Usia Dini di jalur pendidikan non formal yang memberikan layanan pendidikan bagi anak usia 2-6 tahun untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak, agar kelak siap memasuki pendidikan lebih lanjut.

Pedoman Administrasi Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan acuan minimal khususnya bagi para pengelola, penyelenggara dan pendidik serta pembinaan program PAUD dalam melakukan pembinaan tehnis penyelenggaraan administrasi Lembaga PAUD.

Pedoman Administrasi PAUD Sebagai pedoman bagi petugas di tingkat Pusat dan Daerah (Provinsi s.d. Kecamatan) yang menangani Pendidikan Nonformal dan Informal (PNFI) khususnya pembinaan Program PAUD.

Pedoman Administrasi PAUD Sebagai acuan bagi pengelola, penyelenggara, dan tenaga kependidikan dalam melaksanakan penyelenggaraan Program PAUD.

Prinsip-Prinsip dan  Komponen Administrasi

Prinsip Administrasi 

  1. Administrasi bersifat praktis, agar dapat dikerjakan sesuai situasi dan kondisi Program PAUD.
  2. Administrasi bersifat sebagai sumber informasi bagi pengembangan pengelolaan pendidikan dan peningkatan proses kegiatan Program PAUD.
  3. Administrasi dilaksanakan melalui system dan mekanisme kerja berdasar pada peraturan/ketentuan dan prosedur kerja

Tata Cara Pembuatan Administrasi Lembaga PAUD Non Formal

Pembuatan administrasi dilakukan sesuai dengan kebutuhan meliputi perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi, selanjutnya digunakan sebagai arsip.

Pengeloaan Administrasi

Administrasi Program PAUD dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :

1. Administrasi Lembaga

  • Buku Surat Masuk
  • Buku Surat Keluar
  • Buku Tamu
  • Buku Tamu untuk Umum (tamu, promosi, dll)
  • Buku Tamu Khusus (calon wali murid)
  • Buku Ekspedisi
  • Buku Notula Rapat Yayasan
  • Buku Notula Rapat Wali Murid
  • Buku Notula Rapat Pendidik
  • Buku Notula Pertemuan Organisasi Profesi
  • Buku Kemitraan (Kerjasama Dengan Pihak Luar)
  • Buku Pedoman Teknis Penyelenggaraan Program Paud
  • Buku Acuan Menu Pembelajaran (Pedoman Kurikulum)
  • Kelengkapan Dokumen Lembaga
    • Struktur organisasi lembaga
    • Visi Misi Lembaga
    • Profil Lembaga
    • Surat Keputusan Pendirian Lembaga
    • Akta Notaris
    • AD-ART Yayasan
    • NPWP
    • Surat Bukti Kepemilikan Tanah/ Bangunan
    • Surat Ijin Penggunaan Tanah/ Bangunan
    • Ijin Operasional
    • SK Pengangkatan Tenaga Pendidik & Kependidikan
    • Surat Kontrak Kerja Tenaga Pendidik & Kependidikan
    • Surat Tugas Tenaga Pendidik & Kependidikan
    • Kalender Akademik
    • Rencana Program/Kegiatan Lembaga Tahunan/Semester/Bulanan
  • Album Foto
2. Administrasi Sarana Prasarana
  • Buku Inventaris Buku Perpustakaan Guru
  • Buku Inventaris Buku Perpustakaan Anak
  • Buku Inventaris Buku Perpustakaan Umum
  • Buku Inventaris Ape Dalam Ruang
  • Buku Inventaris Ape Luar Ruang
  • Buku Inventaris Bangunan & Ruang Yang Dimiliki
  • Buku Inventaris Barang/Perlengkapan Sekolah (mebelair, peralatan kantor, TV, radio tape, DVD, komputer, kamera,dll)
3. Administrasi Anak Didik
  • Formulir Pendaftaran
  • Buku Pendaftaran Anak Didik Baru
  • Buku Induk
  • Buku Absensi
  • Buku Kelompok
  • Buku Pindah Kelompok
  • Buku Data Kelulusan Anak
  • Buku Catatan Mutasi Anak Didik
  • Buku Catatan Prestasi Anak Didik
4. Administrasi Tenaga Pendidik
  • Buku Induk / Biodata Tenaga Pendidik & Tenaga Kependidikan
  • Buku Tata Tertib Pegawai
  • Buku Daftar Pembagian Tugas Mengajar Tenaga Pendidik
  • Buku Absensi / Daftar Hadir
  • Buku Piket Tenaga Pendidik
  • Buku Catatan Prestasi Tenaga Pendidik
  • Buku Penilaian Kinerja Tenaga Pendidik & Kependidikan (Supervisi)
  • Buku Catatan Kegiatan Penunjang Guru
  • Kumpulan Materi Seminar, Pelatihan, Diklat, Dll
  • Buku Kumpulan Lagu (Kalau Bisa Dengan Notnya)
  • Buku Kumpulan Syair
  • Buku Kumpulan Tepuk
  • Buku Kumpulan Doa
  • Buku Kumpulan Permainan/Games
  • Kumpulan Kaset/Cd/Dll
5. Administrasi Keuangan
  • Buku Keuangan Operasional Sekolah
  • Buku Keuangan Yayasan
  • Buku Keuangan Operasional Sekolah
  • Kartu Pembayaran Iuran Anak Didik (SPP)
  • Buku Tanda Terima Honor Guru
  • Rencana Anggaran Pendapatan Dan Belanja Sekolah (RAPBS)
  • Buku Tabungan Anak (bila ada)
  • Buku Keeper Tabungan (per kelas/kelompok)
  • Buku Keeper Tabungan Sekolah
  • Buku Tanda Terima Pencairan Tabungan (per kelas/kelompok)
  • Buku Keuangan Extra Kurikuler (bila ada)
  • Buku Keuangan Buku/Majalah (bila ada)
6. Administrasi Kegiatan Belajar Mengajar
  • Buku Rencana Program Pembelajaran Tahunan
  • Buku Rencana Program Pembelajaran Bulanan
  • Buku Rencana Program Pembelajaran Mingguan
  • Buku Rencana Program Pembelajaran Harian
  • Buku Anecdotal Record : Mencatat kejadian yang “tidak biasa” yang bersangkutan dengan anak didik di sekolah. Memuat : Tanggal, Uraian kegiatan, Solusi yang dilakukan
  • Buku Evaluasi Anak Didik Harian
  • Buku Evaluasi Anak Didik Semester / Tahunan (Laporan
  • Perkembangan Anak).
  • Portofolio / Hasil Unjuk Kerja Anak Didik.
  • Buku Konsultasi Orang Tua / Wali Murid.
  • Buku Komunikasi / Penghubung
  • Arsip Rapor Anak Didik
  • Arsip Ijasah Anak Didik
  • Arsip Sertifikat/Piagam Anak Didik (bila ada)
  • Buku Catatan Kesehatan Tumbuh Kembang Anak Didik
  • Buku Kegiatan Extra Kurikuler (bila ada)
Itulah kiranya uraian dari Pedoman Administrasi PAUD terbaru Kurikulum 2013 yang kami bagikan kali ini, semoga bisa mendapatkan gambaran akan hal-hal yang harus dibuat dan dilaksanakan untuk kelengkapan Administrasi PAUD di sekolah.

Download Pedoman Administrasi PAUD Terbaru

Bagi bapak/ibu pengelola PAUD di TK, RA, TPA, KB bisa dengan mudah mendapatkan file utuh melalui tautan link dibawah ini, tapi sebelumnya silahkan lihat dahulu preview berikut ini :

Preview Pedoman Administrasi PAUDPDF


Untuk yang membutuhkan saja file yang dibagikan kali ini, semua gratis bisa didapatkan melalui link berikut ini :
Iutulah Kiranya Berbagi dan Share File  pada kesempatan kali ini, semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Pedoman Administrasi PAUD Terbaru"

Posting Komentar