Penerapan HOTs pada Pembelajaran Anak Usia Dini

Penerapan HOTs pada Pembelajaran Anak Usia Dini

Penerapan HOTs pada Pembelajaran Anak Usia Dini - Higher Order Thinking Skills (HOT Skills) atau keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah tingkatan berpikir secara kognitif dari tingkat yang rendah ke tingkat yang tinggi pada Taksonomi Bloom. HOT Skills diperkenalkan pertama kali pada tahun 1990 dan telah mengalami perubahan sejak saat itu. Perubahan tersebut ditujukan supaya teori HOT Skills lebih sesuai dengan perkembangan pendidikan pada abad ke-21. Konsep HOT Skills meliputi konsep mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Perkembangan konsep ini didasarkan pada sifat anak yang cenderung mempunyai daya ingat dan daya pikir yang kuat. Jika diterapkan dalam mendidik anak, konsep HOT Skills dipercaya mampu menumbuhkan keterampilan berpikir kritis.

Bagaimana menerapkan HOTS untuk membentuk anak yang bisa berpikir kritis? di bawah ini dijelaskan beragam cara bisa ditempuh di antaranya:
  1. Ajak anak untuk mengingat apa yang telah dilakukannya. Cara pertama yang bisa diterapkan untuk membentuk pola pikir tingkat tinggi pada anak adalah dengan mengajak anak berdiskusi mengenai apa yang telah ia lakukan dalam satu hari. Ketika berdiskusi, anak akan berusaha mengingat segala hal yang ia lakukan. Mengingat adalah langkah pertama untuk berpikir kritis.
  2. Ajak anak untuk memahami sesuatu dengan sebenar-benarnya. Anakcenderung banyak bertanya dan banyak melakukan hal yang tak terduga. Jika ia melakukan suatu hal yang negatif, berikan alasan yang masuk akal untuk mencegah anak supaya tidak melakukannya lagi. Selain itu, orang tua perlu memberikan alasan yang tepat ketika menyuruh anaknya untuk melakukan sesuatu. Sebagai contoh seorang ibu meminta anaknya untuk merapikan mainan yang berserakan di lantai. Orang tua bisa memberikan pengertian dengan kalimat berikut ini, “Dik, yuk kita bersihkan lantainya. Mainannya ditaruh di kotak mainan, ya. Mainannya harus dirapikan supaya nanti ayah tidak terpeleset ketika menginjak lantai.” Dengan menggunakan kalimat ajakan seperti pada contoh, maka anak akan termotivasi untuk berpikir lebih jauh.
  3. Bimbing anak untuk menerapkan ilmu yang telah mereka dapat. Pada tahap memahami, anak hanya diajak sekadar memahami. Namun, pada tahap selanjutnya, yaitu tahap menerapkan, seorang anak dibimbing untuk menerapkan ilmu yang telah ia dapat. Jika anak sudah mengetahui bahwa mainan yang berserakan di lantai bisa menyebabkan seseorang terpeleset, ajak ia untuk menerapkan ilmu yang ia dapat, yaitu ilmu untuk merapikan mainan setelah selesai bermain.
  4. Ajak anak untuk menganalisis sesuatu. Jika anak sudah bisa menerapkan ilmu, ajaklah anak untuk menganalisis ilmu yang ia punya. Sebagai contoh, jika seorang anak sudah bisa menerapkan ilmu merapikan mainan, orang tua bisa mengajak anak untuk menganalisis apa yang terjadi setelahnya.
  5. Ajari anak untuk melakukan evaluasi. Ajaklah anak untuk melakukan evaluasi atas apa yang telah ia kerjakan. Evaluasi berguna untuk memberikan pengetahuan akan konsep benar dan salah. Sebagai contoh, ajaklah anak untuk melihat kembali manfaat merapikan mainan setelah selesai digunakan.
  6. Ajaklah anak untuk menciptakan suatu pikiran baru. Pada tahap terakhir yaitu tahap mencipta, bimbing anak untuk mengkreasikan idenya sendiri. Biarkan anak mengembangkan pikirannya dengan tetap di bawah bimbingan orang tua.
Setelah membaca beberapa tulisan diatas, kami berharap bapak/ibu bisa menerapkannya/ membuat RPP HOTS untuk Anak Usia Dini. Sebagai Contonya, silahkan UNDUH saja melalui lnk dibawah ini :
UNDUH RPP HOTS untuk Anak Usia DINI
Itulah kiranya Informasi mengenai Penerapan HOTs pada Pembelajaran Anak Usia Dini, Semoga bisa membantu dan bermanfaat. 

Belum ada Komentar untuk "Penerapan HOTs pada Pembelajaran Anak Usia Dini"

Posting Komentar